Labels

Sabtu, 05 Januari 2013

Perbandingan Sistem Operasi Secara Umum (Bagian 4)


MacOS : Standar bagi graphic designer.
MacOS ditemukan pada tahun 1984 oleh peneliti Xerox PARC. Tetapi Applelah yang mempopulerkan dan belakangan diikuti oleh Microsoft. Apple memang jelas lebih maju karena hardware dan sistem operasi yang berasal dari produsen yang sama. Dalam versi awal-awalnya, MacOS telah memiliki fungsi yang setara dengan Windows '95, baru pihak Microsoft mengikutinya dengan dikeluarkan Windows '95 yang menyerupai MacOS namun tidak sama. Tetapi dalam tahun-tahun terakhir ini sistem operasi Apple secara teknis agak tertinggal. Walaupun selama 15 tahun MacOS juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, tapi beberapa hal pada MacOS tampak agak kuno dibandingkan dengan pesaing pada platform lainnya. Versi terakhir yaitu MacOS 8.5.1 memiliki preemptives multithreading, pengaman memori, sistem file modern (HFS+) dan TCP/IP-Stack yang matang.
MacOS 8.5 juga dilengkapi dengan program "sherlock". Detektif ini tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.


Lebih cepat pada program grafik dan DTP.
Dengan tampilan grafis yang nyaman di operasikan, Mac selalu merupakan pilihan para graphic-designer dan desktop publisher (DTP). Hal yang tak berubah hingga kini adalah kinerjanya belum dapat ditandingi oleh Wintel (Windows/Intel) pada aplikasi semacam Photoshop atau QuarkXPress. Belum lama ini, Apple mengeluarkan sebuah arsitektur sistem operasi baru, yaitu MacOSXServer. Untuk pertama kalinya, sistem operasi server yang baru ini berbasis kernel UNIX (Mach 2.5) dan menawarkan multitasking sejati serta kinerja yang jauh lebih tinggi daripada AppleShare-Server biasa. Dengan demikian sistemnya juga lebih stabil. Namun Apple tetap tak mempercayakan pengendalian server kepada administrator sistem melalui baris perintah. Semua fungsi komputer dioperasikan lewat tampilan grafis. Sementara itu kompatibilitasnya dengan aplikasi MacOS tetap terjaga berkat bantuan program terkenal yang disebut "Blue-Box".

Data MacOS 8.5 berikut beserta keuntungan dan kelemahannya.
Platform                     :     PowerPC.
Arsitektur                  :     32-bit.
Kernel                        :     monolithic.
RAM                           :     minimal 8 MB.
Kapasitas harddisk  :     minimal 120 MB.
Sistem file sendiri    :     HFS, HFS+.
Sistem file sendiri    :     FAT, FAT 32, ISO9660, UDF.

Keuntungan :
1.   Platform untuk DTP, graphic design, web-design dan aplikasi bisnis.
2.   Versi terakhirnya memiliki preemptives multithreading, pengaman memori, sistem file modern (HFS+) dan TCP/IP-Stack yang matang.
3.   Memiliki program "sherlock".
4.   Kompatibilitasnya tetap terjaga berkat bantuan program terkenal yang disebut "Blue-Box".
Kelemahan :
1.   Dibandingkan dengan BeOS nampaknya MacOS tertinggal jauh. Sehingga sepertinya cocok untuk standar bagi graphic designer.
2.   Secara teknis, MacOS tertinggal dengan sistem operasi yang lainnya.
3.   Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.

3 komentar:

  1. Artikel perbandingan OS-nya lengkap ya, sampe bagian ke 4

    BalasHapus
  2. ucik indrawati : mkcih
    regina : iya mw d gbungin tp kpnjngn ntr

    BalasHapus